Cara menghilangkan flek hitam dan bintik noda di wajah




Cara menghilangkan flek hitam dengan laser 
Cara menghilangkan flek hitam dan bintik noda di wajah bisa diatasi melalui 2 metode. Yaitu melalui cara penghilang flek alami, dan produk klinis. Noda hitam (dark spot, misalnya bekas jerawat) dan flek hitam (sproten, melasma, noda yang meluas), pada banyak kasus, diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Mengatasi kasus bintik hitam ringan dengan cara alami mungkin masih bisa berhasil. Tapi untuk kasus flek atau sproten, maka dibutuhkan metoda yang lebih intensif.
Noda hitam di wajah bisa terjadi karena luka yang terfotosintesa. Misalnya ketika mengobati jerawat (bahkan saat menggunakan bahan alami, misalnya air jeruk), sebaiknya menghindari sinar matahari, agar tidak meninggalkan bekas jerawat berupa bintik gelap. Flek hitam, melasma, sproten atau chloasma, juga merupakan bintik hitam pada kulit. Namun biasanya lebih gelap, dan lebih besar dari bentuk-bentuk lain dari hiperpigmentasi. Penyebabnya sangat banyak, diantaranya :
  1. Paparan sinar ultraviolet yang eksesif.
  2. Focal hyper pigmentation terjadi setelah kulit wajah terluka, terbakar atau terpotong. Juga merupakan reaksi pasca-inflamasi dengan kondisi seperti lupus atau jerawat.
  3. Obat-obat tertentu, seperti obat kemoterapi kanker, antimalaria dan amiodaron.
  4. Focal hyper pigmentation linear terjadi karena phytophotodermatitis. Phytophtodermatitis disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dengan kombinasi furocoumarins (ditemukan dalam seledri dan limau).
  5. Logam berat seperti emas, perak, bismut dan merkuri menyebabkan hiperpigmentasi saat bersentuhan dengan kulit.
  6. Pada wanita, hiperpigmentasi di wajah terjadi karena penggunaan alat kontrasepsi.

Cara Mengatasi Bintik Noda Hitam

1. Mengatasi bintik noda pada wajah dengan menggunakan jus lemon. Bukan sekedar minuman saja, tapi jus lemon dapat mengilangkan noda lho. Percaya atau tidak, lemon dapat menghilangkan noda pakaian, menghapus bintik putih sisa laundry dll. Bahkan dapat menggunakannya untuk mengobati bintik hitam bekas jerawat.
Cara menghilangkan bintik noda flek hitam
Jus lemon untuk mengatasi bintik noda hitam pada wajah
  • Mungkin tidak akan sempurna menghilangkan bintik noda. Tapi setidaknya dapat mencerahkan kulit dan membuat bintik hitam menjadi lebih terang.
Caranya :
  • Ambil beberapa jus lemon segar diperas, dan oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas. Setelah berminggu-minggu ketekunan, bintik noda anda akan mulai memudar.
2. Krim asam atau buttermilk. Asam laktat yang berasal dari susu asam, dapat membantu untuk menyingkirkan bintik noda.
Caranya:
  • Ambil beberapa krim asam, kemudian oleskan pada bintik hitam atau bekas jerawat.
  • Biarkan hingga kering selama beberapa menit.
  • Saat membilasnya harus dengan lembut, menggunakan tisu lembut atau handuk.
  • Oleskan krim pelembab.
Atau anda bisa menggunakan buttermilk. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Pilihan lain adalah untuk membuat pasta tebal bubuk oatmeal dan buttermilk. Oleskan pasta ini pada daerah yang terkena, biarkan selama sekitar setengah jam dan kemudian akhirnya mencucinya dengan air dingin.
Cara menghilangkan bintik noda flek hitam dengan buttermilk
Menghilangkan bintik noda dengan buttermilk
3. Bila cara di atas masih belum efektif, maka lakukan operasi laser untuk menghilangkan flek hitam dan noda. Kemahalan? Mana harus dilakukan berkali-kali, kan? Yang lebih murah, anda bisa menggunakan produk penghilang noda hitam
Produk penghilang bintik noda hitam
Cara menghilangkan bintik noda hitam dan flek dengan produk klinis

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Untuk flek hitam di wajah yang meluas dan tebal, sepertinya perawatan melalui cara alami agak sulit. Walaupun begitu, anda bisa mencoba untuk menghilangkan flek hitam dengan lidah buaya, bengkuang, mentimun atau baking soda. Tapi intinya adalah pengelupasan. Pengelupasan adalah proses pengikisan lapisan di permukaan kulit. Dan mendorong kulit baru ke permukaan. Pengelupasan dapat dilakukan secara kimia atau secara manual. Banyak metode pengelupasan alami, namun, metode medis dan farmasi lebih kuat, dan lebih agresif. Selain itu mampu mengatasi flek hitam dengan hasil yang lebih cepat.

cara pengobatan asam

Metoda ini adalah yang paling favorit. Selain efektif menghilangkan flek hitam, juga biayanya lebih terjangkau. Ada 3 jenis asam yang paling umum ditemukan dalam produk-produk perawatan jerawat dan flek hitam, yaitu :
  1. Asam alpha-hydroxy dan asam beta-hydroxy. Jenis asam alpha-hydroxy diantaranya adalah asam glikolat, asam mandelic, asam sitrat, asam laktat dan lain-lain. Asam ini merupakan derivatif dari produk  makanan lainnya. Kulit akan terkelupas secara efektif, tetapi cukup lembut untuk  jenis kulit sensitif. Asam alpha-hydroxy dapat ditemukan dalam serum, krim, pelembab.
  2. Asam beta-hidroksi juga dikenal sebagai asam salisilat. Merupakan bahan umum yang biasa dijajakan sebagai obat jerawat dan perawatan kulit. Dalam konsentrasi kuat, akan efektif membantu menyamarkan bintik-bintik gelap. Salicylic acid sajiannya berupa krim, serum, cleanser atau peeling.
  3. Asam retinoat juga dikenal sebagai tretinoin, atau Retin-A. Asam retinoat adalah bentuk vitamin A. Merupakan jenis pengobatan yang sangat efektif untuk noda hitam bekas jerawat dan flek hitam. Tersedia dalam sajian krim, cairan dan gel. Asam retinoat juga banyak digunakan untuk menghilangkan jerawat[2].

Chemical Peeling

Jika perawatan permukaan tidak cukup mengatasi flek hitam, anda mungkin mempertimbangkan chemical peel. Dilakukan dengan pemberian asam konsentrasi tinggi. Diklasifikasikan oleh tiga tingkat kekuatan:. Ringan, menengah dan mendalam Banyak orang yang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah yang cukup lama.
Cara menghilangkan flek hitam dan bintik noda dengan chemical peeling
Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan metode chemical peeling

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur yang menggunakan kristal yang sangat halus untuk menggerus bintik-bintik gelap dari kulit Anda. Metoda ini sedikit tidak disukai karena membutuhkan proses berkali-kali selama beberapa bulan.
Menghilangkan flek hitam dengan mikrodermabrasi
Mikrodermabrasi untuk menghilangkan flek hitam

Perawatan Laser

Perawatan laser menggunakan gelombang cahaya berkecepatan tinggi untuk menghancurkan bintik noda hitam serta flek hitam, yang menjadi penyebab melanin. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian berevaporasi. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng atau kudis, dan berkembang menjadi kulit baru yang lebih segar. Metoda laser sangat efektif, tapi mahal, dan bisa menyakitkan. Dan mungkin harus juga dilakukan berkali-kali. Laser resurfacing biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.
Cara menghilangkan flek hitam dengan laser
Metode laser untuk menghilangkan flek hitam