Pendapatan Ngeblog Beraawal dari Hobi




Ada 2 macam blogger. Pertama, mereka yang memang sengaja dari awal membangun blog dengan tujuan untuk menghasikan uang. Kedua, mereka yang membuat blog hanya sebatas sebagai sarana berbagi, membagi ide kepada orang lain, dengan kata lain: sebagai hobi.
Jika Anda termasuk golongan pertama, tapi masih belum tahu harus memulai dari mana? Saya sarankan untuk membaca (dan mempraktekkan) dua tulisan saya sebelumnya, yaitu:

1. Memilih niche terbaik untuk blogging, kemudian dilanjutkan dengan
2. Strategi membuat konten blog dengan mudah

Nah, kali ini saya anggap Anda adalah termasuk golongan yang kedua. Yaitu yang pada awalnya memulai blogging sebagai hobi belaka.
Saat ini, Anda telah memiliki sebuah blog. Telah pula memiliki beberapa artikel utama yang berasal dari pengalaman hidup Anda sendiri. Anda memiliki banyak tips dan ide bermanfaat yang layak dibagikan kepada 'dunia'. Anda memiliki artikel yang benar-benar unik. Blog Anda sedikit-sedikit mulai mendapatkan trafik. Dan tiba-tiba Anda menyadari bahwa dari blog tersebut Anda bisa mendapatkan uang! Terdengar menggembirakan dan memberi semangat?

Betul, blog dapat menjadi sebuah sumber penghasilan yang tetap, bahkan jika dikelola dengan baik, blog dapat menjadi sumber penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh.
Syarat utamanya adalah: trafik. Pertanyaan selanjutnya adalah: bagaimana cara mempromosikan blog agar mendapatkan trafik yang memadai untuk mendatangkan uang? Sehebat apapun isi artikel Anda, jika tidak dipromosikan dengan tepat, tidak ada yang akan membacanya.
Mendapatkan Uang dari Blog
Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Namun dalam artikel kali ini, saya hanya ingin fokus bagaimana cara mendatangkan trafik (pengunjung). Trafik bisa diumpamakan sebagai urat nadi dalam blogging. Selama memiliki trafik, selama itu selalu ada peluang mendapatkan uang.

Di bawah ini saya tuliskan beberapa metode yang saya gunakan untuk mendatangkan trafik:

1. Tulislah artikel yang fokus menawarkan pemecahan suatu masalah

Satu hal yang harus selalu diingat. Orang mengunjungi blog Anda karena mereka mencari sesuatu yang dapat memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Sesuatu itu tidak lain adalah: informasi! Pastikan selalu, Anda menulis artikel yang benar-benar bermanfaat dan informatif untuk pengunjung.

Dalam hal ini Anda tidak perlu menjadi penulis profesional ataupun seorang jurnalis handal, namun cukup setiap tulisan Anda menawarkan sesuatu nilai tambah, informasi yang berguna untuk pembaca.

Tujuan Anda bukan sekadar menarik orang untuk berkunjung, tapi bagaimana membuat mereka menjadi pembaca setia. Temukan tips menulis yang baik, pada artikel saya sebelumnya.

2. Saatnya serius

Anda boleh santai: buat posting seenaknya, menulis semaunya. Tapi itu dulu, ketika Anda blogging hanya sebatas hobi. Tapi sekarang, Anda  ingin menjadikan blog sebagai sumber pendapatan, tidak bisa lagi. Anda harus serius! 

Perlu diingat, faktanya Anda tidak akan mampu mewujudkan mimpi Anda untuk mendapatkan uang dari blog, tanpa serius menanam investasi untuk blog Anda. Apa investasi yang saya maksud? Waktu! Ya, cuma itu, investasi yang Anda perlukan untuk sukses mendapatkan uang dari blog.

Sediakan waktu yang cukup (banyak) untuk kegiatan blogging, mempromosikan blog, dan aktivitas online lainnya. Sebegitu pentingnya investasi waktu ini, sampai ada orang mengatakan: "seberapa sukses blog Anda, hanya sebatas seberapa banyak waktu yang Anda investasikan".

3. Buang rasa bosan, blogging itu menyenangkan

Ya ya ya. Saya tahu, mungkin tips nomor 2 di atas sedikit membuat Anda 'takut'. Sebenarnya tidak. Yang saya maksudkan di atas adalah bagaimana Anda bisa melakukan usaha mempromosikan blog secara serius, bukan ingin menjadikan Anda sebagai 'pribadi yang serius'.

Blogging itu menyenangkan. Nikmatilah segala prosesnya, baik itu dalam menulis artikel, mempromosikan blog, dan aktivitas online lainnya. Kenapa saya masukkan poin ketiga ini? Karena, nyatanya banyak sekali blogger akhirnya merasa bosan, jenuh, kehilangan semangat, akhirnya mereka berhenti. Dan pastinya, tidak menghasilkan apa-apa. Semua itu terjadi karena mereka tidak menikmati proses blogging itu sendiri.

Nah, mulai sekarang, serius itu perlu, sementara Anda tetap harus menjaga mood, dengan menikmati dan meyakini bahwa blogging adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan.

4. Belajar dasar-dasar CSS, Photoshop, dan HTML

Sejak Anda memutuskan untuk menjadi blogger sukses yang bisa mendapatkan uang, maka Anda perlu sedikit-sedikit menguasai, paling tidak mengerti, dasar-dasar dari CSS, HTML dan Photoshop. Ini akan sangat membantu Anda dalam membuat desain, layout, dan membangun brand blog yang kuat.

5. Promosikan blog

Mulailah dari yang paling dasar dan paling pokok, yaitu Google. Submit blog Anda ke Google. Jika Anda menggunakan blogger, maka hal ini tidak perlu, karena blogger otomatis langsung terindeks oleh Google. Namun, jika tidak Anda perlu mendaftarkan blog Anda disini.

Setelah selesai dengan Google, submit pula ke mesin pencari lainnya, seperti Yahoo dan Bing. Untuk lebih praktisnya, gunakan layanan gratis berbagai situs untuk submit sekaligus ke banyak mesin pencari, seperti: scrubtheweb, freewebsubmission, entireweb, dan banyak lagi lainnya.

6. Submit blog ke blog direktori

Luangkan waktu untuk mendaftarkan blog ke berbagai blog direktori. Ini benar-benar bekerja dan bermanfaat. Anda bisa memulai dengan blogdigger, blogtopsites, dan blogarama. Selain itu cobalah direktori lainnya. Googling, dan temukan puluhan blog direktori lainnya.

7. Berkomentar di blog lain

Ini adalah salah satu cara paling mudah untuk 'mengenalkan diri' dan mendapatkan backlink. Tentu saja tidak asal berkomentar. Berilah komentar yang memiliki nilai lebih. Dengan begitu bukan tidak mungkin dari komentar tersebut Anda akan banyak mendapatkan trafik. Lebih jauh tentang manfaat dan tips dalam berkomentar, silakan baca tulisan saya sebelumnya, manfaat berkomentar di blog lain.

8. Kerja keras, kerja cerdas

Tidak ada yang dapat menggantikan sebuah kerja keras. Membangun blog yang sukses bukan hal yang mudah, butuh kerja keras dan semangat yang tak padam.

Gunakan Adwords Keyword Planner, untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas artikel Anda. Gunakan Google Analytic untuk menganalisa bermacam aspek blog Anda. Tumbuhkan keinginan untuk terus belajar, menambah pengetahuan dan ilmu tentang blogging.

9. Saatnya mendulang uang

Anda sudah banyak melakukan hal sejauh ini untuk meningkatkan kualitas dan Anda telah berhasil mendatangkan pengunjung yang cukup setiap harinya ke blog Anda. Kini saatnya Anda mendatangkan uang melalui blog tersebut. Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog. Anda bisa memulai dengan menampilkan iklan, mengikuti program afiliasi, dan cara-cara lainnya.

Daftarlah menjadi publisher Adsense. Cobalah Chitika, Afiliasi Amazon. Atau afiliasi lokal, seperti Bhinneka, dan lain sebagainya.

10. Konsistensi adalah kunci.

Ini yang terakhir. Semua tips di atas baru akan bekerja dan memberi hasil, jika dibarengi dengan konsistensi. Saya yakin Anda akan menjaganya, bukan? Menyerah di tengah jalan, bukan sebuah pilihan.

Seiring dengan waktu, Anda akan puas dengan hasil kerja keras Anda di kemudian hari. Sukses untuk kita semua.