Memberi Background dengan CSS




Background pada elemen HTML dapat beruba gambar atau warna, berikut adalah properti yang dapat digunakan untuk mengubah background:
  • background-color
  • background-image
  • background-repeat
  • background-attachment
  • background-position

Mengatur Background dengan Warna:

Contoh CSS Untuk Mengatur Warna Background
<!doctype html> <html> <head> <title>Contoh Mengatur Warna Background dengan CSS</title> <style type="text/css"> body{ background-color: silver; } p{ background-color: blue; } p:hover{ background-color: yellow; } b{ background-color: rgb(255,0,0); } i{ background-color: #00FF00; } </style> </head> <body> <h1>Belajar CSS</h1> <p>CSS merupakan make-up untuk HTML, sangat penting untuk <b>desain website</b></p> <p>Walaupun sulit tapi mengasikan, kamu bisa buat sesuai keinginan kamu</p> <i>Jangan lelah untuk mencoba</i> </body> </html>
|
Properti background-color digunakan untuk mengatur background dengan warna, Ada tiga cara untuk menuliskan warna pada CSS:

Struktur Warna RGB (Red Green Blue)

Warna yang dibuat dari kombinasi tiga warna tersebut,dengan nilai minimal adalah nol dan maksimal 255, contoh:
background-color : rgb(255,255,255);
Kombinasi di atas akan menghasilkan warna putih.
background-color : rgb(255,0,0); // Warna Merah

Warna Menggunakan Nilai HEX

Selain menggunakan RGB, kita juga bisa menggunakan nilai HEX untuk membuat warna, dimana warna ini juga merupakan gabungan dari Red Green Blue. Contoh:
background-color : #FFFFFF; // Warna Putih
Berikut adalah struktur dari warna HEX
#  FF   FF  FF
  Red Green Blue
Dua digit awal merupakan nilai dari warna merah dengan nilai minimal 0 (00) dan maksimal 255 (FF), dua digit berikutnya nilai warna hijau (green), dan dua digit berikutnya nilai warna biru (blue).

Menggunakan Nama Warna

Jika kamu merasa terlalu sulit menggunakan kombinasi-kombinasi warna seperti di atas, maka kamu bisa menggunakan cara ini:
background-color : white;
Dengan menuliskan nama warnanya (dalam bahasa Inggris), untuk lebih lengkap kamu bisa melihat daftar warna-warna itu di sini.

Mengatur Background dengan Gambar (Image)

Contoh Mengatur Gambar Background
<!doctype html> <html> <head> <title>Contoh Mengatur Warna Background dengan CSS</title> <style type="text/css"> div{ height: 150px; margin: 10px; padding: 10px; border: solid 1px red; } .biasa{ background-image: url(/files/gambar1.jpg); } .diatur{ background-image: url(/files/gambar1.jpg); background-position: center; background-repeat: repeat-x; } .dipaskan{ background-image: url(/files/gambar1.jpg); background-size: 100% 100%; // CSS3 } </style> </head> <body> <h1>Belajar Mengatur Background CSS</h1> <div class="biasa">Ini diberi background tanpa mengatur properti lainnya.</div> <div class="diatur">Ini diberi background dengan mengatur repeat dan posisinya.</div> <div class="dipaskan">Ini diberi background dan dipaskan dengan elemen ukuran elemen.</div> </body> </html>
|
Background-image berisi lokasi dari file gambar yang akan digunakan sebagai background. Untuk mengatur posisinya gunakan background-position.
Secara default jika ukuran dimensi gambar lebih kecil dari luas elemen yang akan diberi background, maka gambarnya akan di-repeat sampai semua wilayah elemen tertutupi. Untuk mengatur repeat ini gunakan background-repeat. Nilai yang dapat digunakan adalah repeat (defaultnya), repeat-x, repeat-y, dan no-repeat.

0 Response to "Memberi Background dengan CSS"

Post a Comment